Prabumulih - PT Pertamina EP Asset 2 mengadakan aksi nyata kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam bidang lingkungan bekerja sama dengan Bank Sampah Prabumulih. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 5 - 6 Agustus 2015 bertempat di Ruang Diklat HR Pertamina Asset 2 dan Bank Sampah Prabumulih Kelurahan Wonosari.

20 peserta yang berasal dari Karang Taruna Kelurahan Gunung Kemala Kecamatan Prabumulih Barat hadir dalam pelatihan bank sampah ini. “Pesertanya itu dari 8 RT dan 4 RW, yang nantinya akan mensosialisasikan tentang bank sampah ini ke sekitar delapan ratus Kepala Keluarga untuk dijadikan nasabah,”ujar Siti Zulaiha, Manager Humas & Pengembangan Unit BSP.

“Kita akan membagi peserta berdasarkan RW menjadi 4 unit yaitu, unit Ar-rahman, Gapok Jaya, Ngerawan Fatah, dan Nurul Jihad. Pembentukan ini mempermudah kita untuk sosialisasi dan penimbangan sampah. Semoga ini menjadi titik awal yang membanggakan untuk Pertamina yang telah menyediakan unit bank sampah ini” ungkap Zulaiha.

Dalam pelatihan ini, peserta diperkenalkan tentang manfaat, kegunaan, dan keuntungan menabung sampah, serta memilah sampah non-organik seperti plastik, botol minuman, kaleng, besi, dan lain-lain. Selain itu juga peserta pelatihan membuat kesepakatan jadwal sosialisasi dan mengumpulkan warga yang ada disekitar unit untuk dapat menabung di bank sampah.

Pelatihan ini adalah kelanjutan dari program edukasi Karang Taruna yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Prabumulih Field pada tahun 2014. Dalam kegiatan tersebut semua Karang Taruna Kota Prabumulih dikumpulkan untuk mendapatkan pemahaman tentang kegiatan hulu migas dan mengikuti kompetisi kelompok binaan. Setiap Karang Taruna mengajukan proposal kegiatan usaha dan dipresentasikan di jajaran manajemen Prabumulih Field dan dalam kesempatan tersebut Karang Taruna Desa Gunung Kemala berhasil menjadi pemenang .

Pelatihan ini selain mendapatkan pengetahuan tentang bank sampah, juga dilakukan peninjauan langsung ke pengelola bank sampah Prabumulih di Wonosari. Peninjauan ini untuk melihat langsung penerapan dan pengelolaan bank sampah di lingkungan perkotaan. Manager Humas BSP menyebutkan pentingnya memahami pengelolaan sampah yang bisa member nilai ekonomi dan bermanfaat serta menjadikan lingkungan yang asri dan bersih.

Asset 2 Government and Public Relation Assistant Manager  M. Gustaf Akib, pada pembukaan pelatihan, berpesan kepada seluruh peserta agar menjaga kekompakan dan saling mendukung. “Kami berharap adik-adik dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan ilmu dan kemampuan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar” tegasnya. (banavinto dan ichi)


sumber: https://pep.pertamina.com/Berita/Warta-PEP/2015/08/10/Prabumulih-Field-dan-Bank-Sampah-Prabumulih-BSP-Latih-Karang-Taruna