Pada 6 Mei 2017 lalu, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk bersama masyarakat desa Pagar Dewa, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, kembali menggelar pelatihan dalam rangka program Pendampingan Desa Binaan. Dalam pelatihan kali ini perusahaan yang lebih dikenal dengan nama PGN ini menggelar kegiatan Bank Sampah dengan mengundang peserta yang berasal dari unsur masyarakat, perangkat desa, serta pengurus BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

Dengan mengusung tema “Pelatihan Bank Sampah: Menjadikan Sampah Membawa Berkah Bagi Masyarakat dan Melestarikan Lingkungan”, masyarakat Desa Pagar Dewa secara langsung dikenalkan jenis dan manfaat eskonomi, sosial, serta lingkungan dari sampah yang diproduksi oleh masing-masing rumah tangga.

Pelaksanaan pelatihan yang dilakukan di kantor desa ini mendatangkan tiga pembicara. Mereka adalah Sustainable Business Manager CECT Universitas Trisakti Rio Zakarias Widandaru, serta Ibu Desti Fajarini dan Ibu Ega Fansela yang berasal dari Bank Sampah Prabumulih.

Beragam pertanyaan mencuat dalam sesi diskusi yang terjadi antara pembicara, masyarakat, perangkat desa serta pengurus BUMDES. Pertanyaan dan diskusi menarik ini antara lain membahas materi yang terkait mekanisme penetapan harga sampah dan pemanfaatan lanjutan dari sampah yang telah dikumpulkan, serta beberapa topik lainnya.

Pelatihan ini berlanjut hingga pembentukan kelompok usaha. Pada akhir sesi pelatihan ini, peserta bersepakat untuk membuat kelompok usaha Bank Sampah yang akan mulai digulirkan dan dijalankan oleh masyarakat dalam dua minggu setelah pelatihan.


sumber: http://www.mmcsrtrisakti.com/id/pages/news_read/190/pgn-gelar-pelatihan-bank-sampah