Prabumulih, Mata pelajaran (mapel) prakarya ajak siswa/i MAN Satu Kota Prabumulih belajar di BANK Sampah. Hal ini dilakukan oleh guru mapel prakarya Syarifah Irmayani, S.Pd agar siswa/i mendapat suasana baru dan tidak bosan, Kamis (28/9).

Seluruh siswa/i kelas XI IPS 3 diajak langsung datang ke BANK Sampah Kota Prabumulih (BSP) untuk membuat sebuah keterampilan tangan dari barang bekas kaleng rokok. Siswa/i diajarkan cara melukis celengan dengan motip bunga dengan mentor perwakilan dari BSP. Mulai dari memberi cat dasar, membuat pola motif bunga dan memberi hiasan serta warna-warni celengan.

"Prakarya adalah mapel baru di kurikulum 2013, setiap guru mapel harus kreatif dan inovatif untuk mengajaak siswa mencari hal baru di luar," ujar Sarifah.

Ia menginginkan siswa yang kreatif, inofatif dan menghargai hasil karya yang mereka buat. Ia juga berharap dengan diajaknya siswa/i ke BSP, mereka mampu mendaur ulang setiap barang bekas atau sampah bekas yang mereka konsumsi untuk dijadikan sebuah karya. Karena hal ini sangat penting sekali untuk menjadi peluang usaha mereka setelah tamat dari MAN Satu Kota Prabumulih kalau tidak ingin melanjutkan ke universitas.

Semoga siswa/i MAN Satu Kota Prabumulih selalu bisa menghargai hasil karya yang mereka buat dan mampu mendaur ulang lagi sampah yang ada disekitar mereka untuk dijadikan sebuah karya. (Rn)

sumber: https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/1022511/mapel-prakarya-ajak-siswa-belajar-di-bank-sampah-prabumulih